Lewati ke konten
  • en
  • id
  • Beranda
  • Kegiatan Kami
    • Penguatan Tata Kelola dan Pembiayaan Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
    • Peningkatan Akses Layanan Air Minum dan Sanitasi Aman, Berketahanan Iklim dan Inklusif Masyarakat Miskin
    • Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Air untuk Mendukung Layanan Air Minum yang Tangguh
    • Peningkatan Adopsi Perilaku dan Peningkatan Partisipasi dan Peran Kepemimpinan Perempuan yang Mendukung Perbaikan di Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
  • Lokasi Kami
    • Sumatra Utara
    • Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat
    • Jawa Tengah
    • Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur
    • Sulawesi Selatan dan Papua
  • Berita & Cerita
    • Berita
    • Cerita Dari Lapangan
  • Pengadaan
  • Sumber Pustaka
    • Laporan Proyek
      • Laporan Tahunan dan Rencana Kerja
      • Laporan Triwulan
    • Alat dan Pendekatan
    • Buletin Elektronik
    • Publikasi
      • Lembar Informasi
      • Infografik dan Poster
      • Risalah dan Laporan Teknis
      • Referensi
  • Pembelajaran
    • Artikel Pembelajaran
  • Lowongan
Menu
  • Beranda
  • Kegiatan Kami
    • Penguatan Tata Kelola dan Pembiayaan Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
    • Peningkatan Akses Layanan Air Minum dan Sanitasi Aman, Berketahanan Iklim dan Inklusif Masyarakat Miskin
    • Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Air untuk Mendukung Layanan Air Minum yang Tangguh
    • Peningkatan Adopsi Perilaku dan Peningkatan Partisipasi dan Peran Kepemimpinan Perempuan yang Mendukung Perbaikan di Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
  • Lokasi Kami
    • Sumatra Utara
    • Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat
    • Jawa Tengah
    • Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur
    • Sulawesi Selatan dan Papua
  • Berita & Cerita
    • Berita
    • Cerita Dari Lapangan
  • Pengadaan
  • Sumber Pustaka
    • Laporan Proyek
      • Laporan Tahunan dan Rencana Kerja
      • Laporan Triwulan
    • Alat dan Pendekatan
    • Buletin Elektronik
    • Publikasi
      • Lembar Informasi
      • Infografik dan Poster
      • Risalah dan Laporan Teknis
      • Referensi
  • Pembelajaran
    • Artikel Pembelajaran
  • Lowongan
LOGO USAID ID
LOGO USAID EN
  • Beranda
  • Kegiatan Kami
    • Penguatan Tata Kelola dan Pembiayaan Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
    • Peningkatan Akses Layanan Air Minum dan Sanitasi Aman, Berketahanan Iklim dan Inklusif Masyarakat Miskin
    • Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Air untuk Mendukung Layanan Air Minum yang Tangguh
    • Peningkatan Adopsi Perilaku dan Peningkatan Partisipasi dan Peran Kepemimpinan Perempuan yang Mendukung Perbaikan di Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
  • Lokasi Kami
    • Sumatra Utara
    • Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat
    • Jawa Tengah
    • Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur
    • Sulawesi Selatan dan Papua
  • Berita & Cerita
    • Berita
    • Cerita Dari Lapangan
  • Pengadaan
  • Sumber Pustaka
    • Laporan Proyek
      • Laporan Tahunan dan Rencana Kerja
      • Laporan Triwulan
    • Alat dan Pendekatan
    • Buletin Elektronik
    • Publikasi
      • Lembar Informasi
      • Infografik dan Poster
      • Risalah dan Laporan Teknis
      • Referensi
  • Pembelajaran
    • Artikel Pembelajaran
  • Lowongan
Menu
  • Beranda
  • Kegiatan Kami
    • Penguatan Tata Kelola dan Pembiayaan Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
    • Peningkatan Akses Layanan Air Minum dan Sanitasi Aman, Berketahanan Iklim dan Inklusif Masyarakat Miskin
    • Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Air untuk Mendukung Layanan Air Minum yang Tangguh
    • Peningkatan Adopsi Perilaku dan Peningkatan Partisipasi dan Peran Kepemimpinan Perempuan yang Mendukung Perbaikan di Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
  • Lokasi Kami
    • Sumatra Utara
    • Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat
    • Jawa Tengah
    • Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur
    • Sulawesi Selatan dan Papua
  • Berita & Cerita
    • Berita
    • Cerita Dari Lapangan
  • Pengadaan
  • Sumber Pustaka
    • Laporan Proyek
      • Laporan Tahunan dan Rencana Kerja
      • Laporan Triwulan
    • Alat dan Pendekatan
    • Buletin Elektronik
    • Publikasi
      • Lembar Informasi
      • Infografik dan Poster
      • Risalah dan Laporan Teknis
      • Referensi
  • Pembelajaran
    • Artikel Pembelajaran
  • Lowongan
  • en
  • id
LOGO USAID ID
Laporan Proyek
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH
Lembar Informasi
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH
Risalah dan Laporan Teknis
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH
Referensi
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH
Buletin Elektronik
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH
Video
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH
Project Reports
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH
Information Sheets
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH
Technical Notes & Reports
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH
References
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH
Newsletter
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH
Video
  • USAID IUWASH PLUS
  • USAID IUWASH

UPTD PALD Kota Malang Gandeng Swasta Dalam Layanan Lumpur Tinja

UPTD PALD Kota Malang Gandeng Swasta Dalam Layanan Lumpur Tinja
  • Agustus 27, 2019
  • 3:05 pm

Pemerintah Kota Malang ingin melaksanakan sanitasi aman. Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah Kota Malang mendirikan UPTD PALD di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) pada bulan Januari 2018 untuk mengelola segala kegiatan dan fasilitas yang berhubungan dengan air limbah domestik, seperti layanan lumpur tinja dan instalasi pengolahan lumpur tinja.

Selain membentuk UPTD PALD, Pemerintah Kota Malang juga membangun sebuah Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) baru dengan kapasitas 45m3/hari di tahun 2018 karena instalasi pengolahan lumpur tinja yang lama sudah tidak berfungsi secara optimal.

Dengan semua upaya ini, UPTD PALD berharap dapat menyediakan layanan lumpur tinja untuk semua rumah di Kota Malang. Tapi, apa yang dicapai saat ini masih jauh dari target. Pada bulan Februari 2019, UPTD baru melayani 2.493 rumah dari total 215.200 rumah di Kota Malang.

Untuk memperluas cakupan layanannya, UPTD PALD dengan bantuan USAID IUWASH PLUS, menggandeng swasta untuk menyediakan layanan lumpur tinja. Dalam hal ini, USAID IUWASH PLUS memberikan bantuan kepada UPTD PALD untuk melakukan serangkaian diskusi dengan operator layanan lumpur tinja swasta terkait sanitasi aman, termasuk manfaatnya bagi masyarakat, lingkungan, dan peraturan pendukung, serta pengelolaan database pelanggan dari bulan Januari 2019.

Melalui diskusi tersebut, para operator juga belajar bahwa Kota Malang memiliki Peraturan Daerah No 2/2017 yang mewajibkan semua operator layanan lumpur tinja untuk membuang dan mengolah lumpur tinja di instalasi pengolahan lumpur tinja.

Diskusi tersebut menghasilkan perjanjian kerjasama antara UPTD PALD dengan 11 operator layanan lumpur tinja swasta, yang ditandatangani oleh Kepala UPTD PALD dan perwakilan 11 operator swasta tersebut pada acara penandatanganan pada tanggal 6 Maret 2019 di Kota Malang.

Perjanjian kerjasama tersebut akan memungkinkan operator swasta untuk menerima pelanggan dari UPTD PALD. Untuk mendukung kerjasama ini, UPTD PALD dengan dukungan USAID IUWASH PLUS akan mengumpulkan data pelanggan, mempromosikan layanan lumpur tinja kepada masyarakat yang lebih luas, dan juga melatih serta memperkuat operator call center untuk melayani pelanggan. USAID IUWASH PLUS juga membantu UPTD PALD untuk membuat SOP pelayanan pelanggan pada bulan April 2019.

Kerjasama dengan operator layanan lumpur tinja swasta juga berkontribusi terhadap penambahan jumlah pelanggan layanan lumpur tinja. Pada bulan Juni 2019, UPTD PALD melayani sebanyak 3.503 rumah.

“Operator layanan lumpur tinja swasta sudah lama beroperasi di Kota Malang dan telah melayani ribuan pelanggan. Sehingga, perlu bagi UPTD PALD untuk membangun kerja sama dengan mereka untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat kesehatan lingkungan dan keamanan ketika mereka sedang memberikan layanannya, termasuk membuang lumpur tinja di instalasi pengolahan lumpur tinja,” ujar Ari Kuswandari Yushinta, Kepala UPTD PALD Kota Malang.

“Dengan menjadi mitra UPTD PALD, saya harap kita bersama dapat melayani lebih banyak pelanggan ke depannya. UPTD PALD akan menyediakan pelatihan bagi para operator untuk meningkatkan kualitas layanan,” ujar Johan Setiawan dari CV Prayogo, perwakilan dari operator layanan lumpur tinja swasta.

Available in en

  • Arsip
  • airsanitasi, IUWASH PLUS, USAID
  • Hubungi Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Arsip
Menu
  • Hubungi Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Arsip

Kegiatan Kami

What We Do

  • Penguatan Tata Kelola dan Pembiayaan Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
  • Peningkatan Akses Layanan Air Minum dan Sanitasi Aman, Berketahanan Iklim dan Inklusif Masyarakat Miskin
  • Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Air untuk Mendukung Layanan Air Minum yang Tangguh
  • Peningkatan Adopsi Perilaku dan Peningkatan Partisipasi dan Peran Kepemimpinan Perempuan yang Mendukung Perbaikan di Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
Menu
  • Penguatan Tata Kelola dan Pembiayaan Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
  • Peningkatan Akses Layanan Air Minum dan Sanitasi Aman, Berketahanan Iklim dan Inklusif Masyarakat Miskin
  • Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Air untuk Mendukung Layanan Air Minum yang Tangguh
  • Peningkatan Adopsi Perilaku dan Peningkatan Partisipasi dan Peran Kepemimpinan Perempuan yang Mendukung Perbaikan di Sektor WASH dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)

Lokasi Kami

Where We Work

  • Sumatra Utara
  • Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur
  • Sulawesi Selatan dan Papua
Menu
  • Sumatra Utara
  • Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur
  • Sulawesi Selatan dan Papua

Berita & Cerita

News & Stories

  • Berita
  • Cerita Dari Lapangan
Menu
  • Berita
  • Cerita Dari Lapangan

Pengadaan

Procurement

  • Pengadaan
Menu
  • Pengadaan

Sumber Pustaka

  • Laporan Proyek
    • Laporan Tahunan & Rencana Kerja
    • Laporan Triwulan
  • Alat dan Pendekatan
  • Publikasi
    • Lembar Informasi
    • Infografik dan Poster
    • Risalah dan Laporan Teknis
    • Referensi
    • Buletin Elektronik
  • Video

Resources

  • Proect Reports
    • Annual Report and Workplan
    • Quarterly Progress Report
  • Tools and Approaches
  • Newsletter
  • Publication
    • Factsheets
    • Infographic and Posters
    • Technical Notes and Reports
    • References 
  • Video

Pembelajaran

Learning

  • Artikel Pembelajaran
Menu
  • Artikel Pembelajaran
adobe_reader

Informasi dalam situs ini bukan informasi resmi dari Pemerintah Amerika Serikat dan tidak mencerminkan pandangan atau posisi dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat ataupun Pemerintah Amerika Serikat.

Facebook Twitter Instagram Youtube
© USAID IUWASH Tangguh 2022
Mendukung perubahan perilaku higiene dan peningkatan akses air minum dan sanitasi yang aman, adil, dan setara menuju kabupaten/kota yang tangguh
USAID IUWASH Tangguh supports hygiene behavior change and increasing access to safe, fair, and equal water supply and sanitation towards resilient districts/cities
Informasi yang disediakan dalam website ini bukan informasi resmi Pemerintah Amerika Serikat dan tidak mencerminkan pandangan atau posisi United States Agency for International Development atau Pemerintah Amerika Serikat.
The information provided on this website is not official U.S. Government information and does not represent the views or positions of the U.S. Agency for International Development or the U.S. Government.